"When the codes like a part of my body"

Rabu, 16 Juli 2014

Mengenal Lebih Dekat Javascript Framework ExtJS

15.10 Posted by Unknown 1 comment
Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Berawal dari tuntutan pekerjaan saya sebagai seorang web developer di salah satu konsultan IT di Kota Bandung yang memang mengharuskan saya untuk bekerja dengan menggunakan javascript framework, saya mulai tertarik lebih dalam kepada Javascript Framework yang satu ini. ExtJS namanya, salah satu javascript framework buatan Sencha. Ada beberapa javascript framework lain yang mungkin sudah familiar dengan kita, namun ExtJS menawarkan fitur yang menurut saya jauh lebih kompleks, baik dari segi tampilan maupun dari segi fungsionalitasnya. ExtJS, menurut Sencha sendiri adalah framework javascript yang memungkinkan anda untuk membuat aplikasi lintas platform yang telah kompatibel dengan berbagai browser mulai dari Internet Explorer 6 hingga Google Chrome versi terbaru.

Dari segi tampilan, ExtJS ini menawarkan tampilan yang cukup powerfull. Didukung dengan dokumentasi yang lengkap dan juga komunitas yang siap membantu kita untuk lebih memperdalam mengenal ExtJS ini, kita diajak bereksplorasi lebih dalam dengan client-side-server ini. Saat ini, ExtJS sendiri sudah sampai ke versi 5 yang baru saja dirilis akhir-akhir ini. Namun saya sendiri masih menggunakan ExtJS 4.1.1 yang menurut saya sudah lebih dari cukup untuk membuat aplikasi yang powerfull. Karena versi 4.2 yang sempat saya coba, menurut beberapa orang masih ada sedikit bug.

Fitur yang cukup membuat ExtJS dan javascript framework lainnya berbeda adalah penerapan arsitektur MVC (Model-View-Controller + Store) pada ExtJS itu sendiri. Hah MVC + Store? Eiitss, tenang teman-teman jangan kaget dulu, selain dari dokumentasi dan komunitas, ada banyak orang yang berbaik hati memberikan materi tentang ExtJS ini untuk membantu kita memahami kerja dari ExtJS terutama penjelasan tentang MVC + Store ini. Berikut ini adalah contoh screenshoot dari aplikasi ExtJS diambil dari dokumentasi ExtJS.
  • Grid Component


  • Trees


  • Chart


  • Form



  • Mungkin itu sekilas gambaran tentang ExtJS beserta screenshoot nya. Insya Allah di postingan saya berikutnya, saya masih akan memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang ExtJS ini. Di postingan berikutnya juga, kita akan mulai ngoding dengan ExtJS.

    Semoga bermanfaat.


    1 komentar: